Wednesday, September 14, 2011

Tips : Memotong gambar dengan rapi dengan Photoshop

yuk,kali ini ane mau share sekedar tips kecil untuk memotong sebuah objek agar terlihat rapi
sekali lagi ane tekanin, ini untuk noobie aja hehe yg udah master, jgn buang2 waktu disini yah XD

okey lets cekidot :

1. Pertama siapin dulu Material nya, kalo ane pake gambar Macan ini (kalo agan2 silakan cari
gambar yg lain )

noobie newbie photoshop tutorial

2. Hidupin Photoshop nya (disini ane pake yg versi CS3)
3. Masukkan Material ke photoshop (ada 4 cara memasukkan gambar , setau ane sih)
  • pilih File - Open
  • pencet kombinasi Ctrl + O
  • Double klik di work area
  • Drag gambar dari luar lgsg ke photoshopnya
tinggal pilih salah satu aja yg enak dan nikmat sesuai selera ente


4. Duplikat Layer dgn cara drag ke bawah sampe nyentuh Tombol New Layer (seperti tutor sebelumnya)

5. Sembunyikan Layer Asli dgn klik ikon Mata di sebelah layer (donk nggak? bingung ye? samma ...)

===================================================================
Done...!! Eh, kok Done?? udah selesai emang?? Belom yeeee , sekarang bagian yg bisa dibilang paling ribet, Konsentrasi ya, hohoho ... pantengin monitor sampe pingsan..hakhak.... soalnya kalo meleset dikit, jadi bingung lagi... Siap untuk sedekaaaahh?? Siaaaaappp?? (mas Ippho mode On)
===================================================================

Ready.. yuk mulai....

6. Seleksi Layer yg Copy-an

7. Biar ukuran Object nya enak buat edit, kita gedein aja dengan pencet huruf "F" dua kali hingga jadi kayak gini

kliatan nggak perbedaannya? :O

tips :
-untuk geser geser gambar, tekan Spasi pada keyboard, lalu klik kiri mouse n geser2 aja :D
-untuk Zoom in/out, pencet Alt + Scroll wheel mouse (roda ditengah klik kiri dan kanan)


8. Kali ini kita bermain dengan Pen Tool, yang Iconnya begini

 

Select Pen Tool (Press P)


9. Mulailah beri titik titik pada macan di sudut2 yg sesuai selera, hingga macan itu terseleksi menggunakan Pen Tool


hasil sementara


10. Rapikan Seleksi biar halus (masih Pake Pen Tool), 
diantara 2 Node (Titik), buat 1 Node lagi pas di garis (Pake Pen Tool)


Dengan sambil pencet Tombol "Ctrl" ,(hingga Icon Pena berubah jadi anak panah)... tunjuk di Node, dan tarik menyesuaikan lekuk tubuh macan, kalo masih belum pas dengan si macan, bisa tambahin Node lagi


lakukan itu semua sehingga seluruh garis, tepat di garis tubuh si macan


nah terkadang tidak semua sudut Node menjadi smooth, ada yang tetap Lancip .. nah untuk membuat sudut yang sulit menjadi smooth, masih pake (Pen Tool)

sorot di Node, sambil tekan "Alt" hingga kursor berubah dari bentuk Pen jadi Sudut Lancip ... lalu tarik saja ke Kiri atau kanan sesuai bentuk Macan

Smooth kan semua sudut yg sekiranya masih kaku.... :D

11. Jika semua dirasa sudah mantap, sekarang kita Crop macan sesuai dgn Garis Path nya... caranya
- di bagian Layer Box, pilih tab Path
- pilih Load Path as Selection



nanti kira kira hasil penampakan di Project seperti ini


kalo sudah gitu, tinggal pencet "Ctrl + X" lalu langsung "Ctrl + V"
secara otomatis, layer bertambah 1.. nah hapus aja 2 layer terbawah


setelah itu tinggal Save gambar hasil terakhir (Background transparent) dengan Format PNG


nah selesai deh


=======================================================================
Sekian Dulu ye ... ntar di update lagi.. pantau terus disini ya :D ... 

besok saya Share juga Brush Brush Keren untuk menunjang kita maen Photoshopnya 

Regards

10 comments:

  1. gan saya mau nanya ... kok waktu saya kasih titik pen langsung gambarnya warna putih ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pas pilih pen tool... di bagian atas pilih yang Path gan...bukan yg shape .. ini gambarnya biar jelas http://goo.gl/QxUUe

      Delete
  2. ane pengunjung setia blog ente bos, smg ente gak bosen dgn kehadiran ane :ngakak

    bos, teknik motongnya keren abizzz... ane cuma pake teknik jadul "magic erase tool:

    :-D dan erase tool bos...
    (sering2 dimari tambah pinter aje ane :-D

    Please prove you're not a robot

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekekek... ane malah seneng gans .... dulu juga pake yg serba magic2 gitu, tp kurang pas .. eh nemu cara ini, ya ane posting, kali aja bermanfaat :v

      Delete
  3. Jika menggunakan CS6 sama caranya gan?

    bagi agan yang ingin menambah ilmu di bidang desain grafis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

    ReplyDelete
  4. Lumayan bingung sih, tpi gpp untuk pemula,
    Thank.

    ReplyDelete
  5. waw. bermanfaat bagi nubie akut kayak ane. tengkiu

    ReplyDelete